ISI SURVEI SINGKAT DI BAYAR!! http://www.indosurvei.com/exostan

Jumat, 15 Juni 2012

Epidemiologi Flu Burung


NAMA       : MAYU WAHIDA PUTRI
NIM           : 144 SYE BID 10
KELAS      : IV C
DUA BAYI SUSFECT FLU BURUNG
Bima, dua bayi asal Kecamatan Bolo yakni Latifa Bahira, 11 bulan, asal Desa Nggembe dan  Azhar 2,5 bulan asal Dusun Sonco, Desa Sanolo saat ini dirawat di ruang khusus RSU Bima karena susfect flu burung.
            Dua bayi tersebut telah dua hari berada di kamar kelas II RSU Bima setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan di Puskesmas Bolo. Latifa mulai sakit empat hari lalu dengan gejala batuk, pilek, panas dan muntah-muntah.
            Dua hari sakit, Latifa dibawa ke Puskesmas. Saat diperiksa dokter Puskesmas, disarankan untuk rujuk ke RSU Bima, karena ada gejala flu burung pada penyakit yang diderita Latifa diduga diserang virus H5N1. Sehingga beberapa kali Latifa diambil sampel darahnya oleh petugas RSU Bima. Gejala Latifa susfect  flu burung dari hasil pengambilan sampel darahnya. Saat diperiksa darahnya membeku sehingga dua kali dilakukan pengambilan sample darah.
            Di ruangan yang sama, dirawat bayi bernama Azhar 2,5 bulan. Sebelum dirujuk ke RSU Bima, Azhar pernah dibawa ke Puskesmas Bolo. Petugas RSU sempat dua kali mengambil sample darahnya untuk diperiksa ke laboratorium.
            Terkait dua bayi susfect flu burung yang dirawat di RSU Bima, Humas RSU Bima dr. H. Sucipto membantah dua bayi tersebut terserang virus flu burung atau H5N1, melainkan menderita pnemonia. Gejala pnemonia biasa dengan pnemonia H5N1 hampir sama. Untuk memastikannya harus dilakukan uji laboratorium.
           

Tidak ada komentar: